Ketika kita
mulai belajar tentang UX Design kita harus mempelajari dasar-dasarnya terlebih
dahulu, yaitu:
yaitu:
·
UX
(User Experience) adalah tentang bagaimana pengalaman dan perasaan pengguna
saat berinteraksi terhadap suatu produk.
·
UX
memiliki peran yang sangat krusial, apalagi jika menyangkut bisnis. Hal ini
karena efek dari UX yang buruk bisa menyebabkan pengguna meninggalkan produk,
memberikan rating dan review yang buruk, dan reputasi Perusahaan menurun.
·
Untuk
menjadi UX Designer tidak diperlukan kemampuan desain visual saja, tetapi juga
harus dapat diimplementasikan dari sisi teknologi. Selain itu, yang paling
penting, desain juga harus sesuai dengan kebutuhan pengguna dan bisnis.
·
Beberapa
karakteristik UX design yang baik adalah:
o
Useful :
produk yang berguna untuk menyelesaikan masalah pengguna
o
Usable :
produk yang dibuat mudah untuk digunakan, terutama untuk mencapai tujuan yang
diinginkan dengan memuaskan
o
Enjoyable :
produk yang dibuat menyenangkan penggunanya.
o
Equitable :
produk yang dibuat dapat digunakan secara adil oleh orang-orang dengan beragam
kempuan dan lata belakang
·
Berikut
ini adalah beberapa tugas yang biasa dilakukan UX Designer pemula dan menjadi
tanggung jawabnya secara umum
o
Melakukan
riset.
o
Membuat
gambar rangka (wireframe)
o
Membuat
information architecture
o
Membuat
prototipe
o
Memahami
konsep dasar desain visual
o
Berkomunikasi
secara efektif
·
Beberapa
tipe designer adalah
o
Generalir
: Designer yang keterampilan atau minatnya mencakupi beberapa topik yang
berbeda
o
Spesialis
: Designer yang ahli secara mendalam pada satu topik tertentu
o
T-Shaped
: Designer yang ahli di satu topik dan juga memahami topik yang lain
·
Macam-macam
karier di UX Designer adalah:
o
Interaction
Designer : Designer yang focus pada alur interaksi pengguna terhadap produk
o
Visual
designer : Designer yang focus pada tampilan produk.
o
Motion
designer : Desainer yang focus pada pergerakan elemen pada produk
o
UX
Researcher : Fokus untuk melakukan riset pengalaman pengguna, baik secara
kualitatif maupun kuantitatif
o
UX
Writer : Fokus untuk membuat kata-kata (copywriting) yang efektif, jelas, dan
informatif.
o
UX
Engineer : Engineer yang mengubah desain yang dibuat menjadi produk seperti
aplikasi atau website yang bisa diuji coba.
o
Product
Designer : Lebih focus pada rencana pengembangan produk secara jangka panjang
·
Design
Thinking merupakan framework atau cara yang digunakan untuk membuat solusi atas
masalah pengguna yang mudah dan terjangkau.
·
5
tahap Design Thinking adalah:
o
Empathize
: mencari masalah apa yang dialami pengguna Ketika berinteraksi dengan produk.
o
Define
: mendefinisikan masalah utama yang akan diselesaikan/
o
Ideate
: eksplorasi untuk menghasilkan ide yang dapat menjadi solusi
o
Prototype
: membuat prototipe yang dapat diuji coba
o
Test
: melakukan uji coba prototipe kepada penggua untuk mendapatkan feedback
·
Perlu
dipahami bahwa tahapan ini tidaklah bersifat linier yang sekali selesai,
melainkan bersifat iterative. Misalnya, Ketika di tahap test Anda mendapatkan feedback
dan mendapatkan ide baru, maka Anda dapat mengulang tahap ideate untuk
mendapatkan solusi yang lebih baik
·
Berikut
ini tips dan trik berprofesi menjadi UX Designer:
o
Membuat
UX Case Study : merupakan dokumen yang berisi hasil dari studi kasus dalam
menyelesaikan suatu masalah
o
Membuat
portfolio : koleksi dari apa yang telah pernah Anda buat sebelumnya. Beberapa layanan
yang bisa anda manfaatkan Squarespace, Webflow, Wix, dan Google Sites.
o Berkomunitas : berjejaring untuk mendapatkan info terbaru terkait ilmu UX Design ataupun mengetahui tren desain yang sedang popular. Berberapa komunitas yang biasa digunakan oleh UX Designer adalah Dribbble, Behance, dan Medium.
0 Komentar